Manfaat Bunga Aster

2 min read

manfaat-bunga-aster

Bunga Aster adalah salah satu jenis tanaman hias yang masih satu rumpun dengan tumbuhan krisan. Tidak hanya itu, bunga aster juga dikenal dengan istilah bunga seruni.

Menurut sejarah, bunga aster itu berasal dari negara Cina atau yang sering disebut dengan Tiongkok. Ya, Tiaongkok merupakan negara yang sudah terkenal dengan obat-obatan herbal yang mendunia, bahkan sudah lama sampai Indonesia.

Nah, untuk jenis-jenis bunga aster masih dapat dibedakan berdasarkan warnanya. Dimana meskipun berbeda warnanya, bunga aster masih memiliki bentuk dan ukuran yang sama satu sama lainnya. Bunga dari daun aster sendiri sekilas akan terlihat seperti kertas. Dan setiap bunga ada yang berwarna putih, biru, dan ungu. Yang mana pada bagian tengan terdapat warna kuning.

Biasanya bunga aster digunakan hiasan rumah, seperti pada bagian teras atau pekarangan. Namun, selain digunakan untuk hiasan karena memiliki tampilan yang menarik yang bagus, ternyata manfaat bunga aster juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin maju, bulnga aster juga diolah menjadi tanaman herbal yang bermanfaat. Hal ini sudah dibuktikan, baik secara teori maupun praktek. Tidak sedikit kampus dan laboratorium menjadikan bunga aster sebagai objek penelitian. Hasilnya. Ya, Kandungan yang terdapat pada bunga aster dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh manusia.

Itulah sedikit tentang pengetahuan dan ciri-ciri bunga aster secara umum.

Lantas, selanjutnya Anda akan mengetahui apa itu manfaat bunga aster bagi tubuh.  Okay, langsung saja.

Namun, perlu diperhatikan ketika membaca artikel disarankan untuk memahaminya secara menyeluruh, bukan hanya membaca sub judul. Mengapa? Karena membaca informasi yang tidak lengkap dapat menimbulkan kesalahpaham dan bisa berakibat fatal. Berikut penjelasan secara detail tentang manfaat bunga aster :

Eksresi Racun

Manfaat bunga aster yang pertama adalah mengatasi racun. Mungkin, kita semua sudah tahu dan sadar akan bahaya racun. Namun, kita sering mengangap remeh dan tidak memerhatikan cara mengatasi racun. FATAL. Ini sangat fatal sekali, bisa-bisa ketika Anda terkena racun dan tidak sadar jika sedang terkena racun, malah bisa berujung pada kematian.

Tidak usah khawatir, kini Anda bisa memanfaatkan kandungan bunga aster untuk mengatasi racun terjebut. Minimal untuk mencegah ketika tidak ada obat yang atau bius. Kandunga dalam bunga aster sering dimanfaatkan untuk antibiotik di negara-negara maju, contohnya saja negara Jerman. Jerman merupakan salah satu negara yang sudah bisa memaksimalkan teknologi dengan lingkungan sekitar. Biasanya, bunga aster akan dibuat ekstrak dan di kemas dalam bentuk herbal.

Mengobati Infeksi

Infeksi adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami penurunan fungsinya, yang mana biasanya disebabkan karena bakteri atau jamur.  Kedua hal ini tentunya membuat tubuh terasa tidak enak dan mempengaruhi tinggi badan .

Mengobati Inflamasi

Di daerah pedesaan, masih sering dan banyak ditemukan orang yang mengobati inflamasi dengan bunga aster. Mengapa? Karena manfaat bunga aster sendiri sangat berguna untuk mengatasi peradangan. Cara yang dipakai ada beberapa, salah satunya dengan merebus bunga. Namun, sebagian orang tidak suka dengan rasanya. Sehingga ada juga yang memilih untuk menumbuk lalu menempelkan pada bagian yang meradang.

glumory collagen booster serum

Sebagai Antitoxin

Pernahkan Anda terkena racun? Sangat sakit bukan? ya, memang itu yang ditimbulakan oleh racun. Jika bagian yang terkena racun tidak segera diatasi dan dibiarkan saja, maka tidak butuh waktu lama bagi racun untuk menyebar ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Manfaat Bunga Terompet

Di negara Amarika, bunga aster di olah menjadi obat hebal dan dipakai untuk berbagai pengobatan. Tidak lupa juga, mereka mengemas dengan sangat apik, sehingga pembeli tidak akan merasakan bahwa yang dikonsumsi adalah obat. Hal ini dilakukan agar orang mau mengonsumsi obat.

Mengusir Nyamuk

Bagiama rasanya ketika sudah lelah bekerja seharian, dan saat ingin beristirahat malah diganggu nyamuk? Sangat mengesalkan bukan. Lantas? tindakan apa yang Anda lakukan?

Secara tidak langsung, nyamuk ternyata tidak suka dengan bunga aster. Hal ini disebabkan bunga aster mengandung zat pyrethrin yang sangat bermanfaat. Dimana, biasanya zat ini dipakai sebagai campuran obat nyamuk modern, terlebih lagi masih ditambah aroma pewangi yang membuat orang betah dan suka.

Mengobati Batuk

Siapa yang belum pernah terkena batuk? Mungkin, dapat disimpulkan bahwa semua orang yang hidup di dunia ini pernah merasakan apa yang namanya batuk. Orang yang mengalami batuk bisa disebabkan berbagai faktor. Baik faktor internal atau faktor eksternal.

Ketika tubuh kecapekan, kita cendrung tidak makan atau malah lupa makan. Terus apa hubungannya dengan batuk? Jadi, ketika tubuh kekurangan nutrisi yang dicerna, mengakibatkan kekebalan tubuh berkurang dan menimbulkan penyakit, misalanya saja batuk.

Semakin berkembangnya zaman, obat batuk sudah banyak dan mudah di temukan dilingkungan sekitar. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot-tepot pergi ke dokter jika batuk Anda tidak parah. Sebagai catatan, jika batuk sudah berdahak lalu mengeluarkan darah, sebaiknya segera di konsultasikan dengan ahlinya. Supaya tidak menimbulkan efek negatif lainnya.

Mungkin itu tadi pembahasan dari manfaat bunga aster. Semoga tulisan ini bisa membantu Anda dan bermanfaat. Nah, agar lebih berkah mari kita beritahu teman atau kerabat Anda dengan mengsharenya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *