Manfaat Bunga Asoka

3 min read

bibit_bunga_asoka

Manfaat Bunga Asoka –  Bunga asoka adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Bunga Asoka atau bunga soksa sering dipakai untuk mengobati dan mencegah penyakit seperti hipertensi, anemia, dan memar. Nama latin bunga asoka sendiri adalah Sarca Indica. 

Nah, jika ditinjau dari klasifikasi bunga asoka masih dalam :

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Familia : Caesalpiniaceae
  • Ordo : Fabales
  • Genus : Saraca
  • Spesies : Sarca Indica

Dari klasifikasi yang ada, dapat kita simpulkan jika bunga asoka tergolong kindom plantae, dan species ( Sarca Indica )

Bunga asoka dianggap oleh orang beragama Hindu menjadi salah satu tumbuhan yang suci dan keramat. Oleh, karena itu bunga asoka sering ditanam dipekarangan dengan maksud dan tujuan tertentu.

Pada faktanya, bunga asoka sendiri memiliki 2 jenis. Jenis ini bisa diamatai dari tampilan fisiknya. Jenis asoka sendiri ada yang memiliki ranting dan asoka tanpa ranting. Dari kedua jenis ini sama-sama memiliki warna dan tampilan yang menarik. Jadi, selain memiliki segudang manfaat bagi tubuh, ternyata bunga asoka juga memiliki tampilan luar yang menarik perhatian.

Setelah Anda mengetahui apa itu bunga asoka, selanjutnya Anda akan mengatahui apa manfaat bunga asoka sebenarnya. Karena tumbuhan asoka ini sangat beragam dari jenis warnanya, seperti asoka putih, merah, dan kuning. Disini Anda tidak akan membedakan ciri-ciri bunga asoka. Namun, lebih terfokus ke manfaat bunga asoka bagi kesehatan seperti :

1. Melancarkan Haid

Haid merupakan kegiatan dan rutinitas bulanan yang terjadi pada setiap wanita, khususnya yang sudah dewasa dan mengalami pubertas. Sering kali ada perempuan yang mengalami masalah dalam haid. Contohnya saja, umumnya wanita produktif akan mengalami haid kurang lebih sebulan sekali. Namun, terkadang ada yang melebihi sebulan dan kurang dari sebulan sudah haid.

Tentunya hal ini sangat membuat sang perempuan tidak enak dan tidak nyama. Bagaimana tidak, yang normalnya haid terjadi sekali kini menjadi lebih sering bahkan telat untuk datang bulan.

testimoni vitamata

Untunya, sekarang tidak harus begantung pada obat-oabatan. Kini, hanya dengan memanfaatkan bunga asoka haid Anda akan lebih lancar dan teratur. Yang mana itu akan menguntungkan dan membuat Anda lebih sehat. Tidak percaya? Silahkan coba sendiri dan rasakan efeknya sekarang juga!

2. Mengobati Kram pada Kaki dan Betis

Bagi seoranga atlet pemanasan dalam mengawali latihan sudah menjadi hal yang wajib. Namun, ketika pemanasan dilakukan dengan tidak serius akan membuat olahraga menjadi berat dan bisa menimbulkan bahaya. Contoh nyata dan sudah terbukti adalah kram pada kaki.

Nah, bagiamana jika sudah terlanjur? Tenang saja.

Anda bisa memanfaatkan bunga asoka untuk mengatasi dan mengurangi rasa sakitnya. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan daun bunga asoka keringa maupun daun bunga asoka yang masih basah. Manfaat daun bunga asoka juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada Kram.

3. Mengobati Disentri

Pernahkan Anda mengalami disentri? Tentunya tidak enak bukan?

Lantas? Apa yang Anda lakukan jika hal itu sudah terjadi dan rasa sakit sudah menjulut keseluruh tubuh.

Disentri sendiri diakibatkan oleh infeksi yang terjadi pada usus manusia. Hal ini bisa menimbulkan diare pada tubuh. Alih-alih bisa berujung pada kematian. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan anggap sepele masalah yang terjadi pada kesehatan Anda.

Ketika sudah terserang disentri, sebaiknya segera obati agar tidak lebih parah. Bagi Anda yang takut dan tidak mau mengonsumsi herbal bunga aster. Alternatif yang bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi bunga asoka atau daun bunga asoka. Manfaat bungan asoka sudah terbukti dan tidak diragukan lagi.

4. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau lebih sering dikenal dengan istilah darah tinggi adalah suatu keadaaan dimana tekanan darah lebih tinggi dari biasanya. Umumnya, tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG) seperti yang telah dijelaskan. Efek yang ditimbulakan dari darah tinggi antara lain adalah bingung, lalah, sakit kepala, dan darah dalam urine.

glumory collagen booster serum

5. Mencegah Peradangan ( Pembengkakkan )

Jika tubuh terserang penyakit atau virus, jamur maka secara otomatis tubuh akan melawannya. Upaya, untuk melawan ini sering terjadi peradangan oleh anggota tubuh yang bersangkutan. Sehingga bagian tubuh tersebuh akan mengalami salah satu ciri berikut seperti panas, nyeri, dan membengkak. Solusinya dengan memanfaatkan bunga asoka atau bunga terompet untuk mengurangi rasa sakitnya.

6. Mengatasi Wasir ( Ambeien )

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang ditimbulkan karena terlalu lama saat mengejan saat BAB. Sehingga pembuluh darah vena disekitar dubur mengalami pembengkakan. Orang yang mengalami ambeien akan sakit ketika duduk dan tidak bisa lama untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan duduk.

Ambeien sendiri ada jenisnya berdasar penyebab dan efek yang ditimbulkan. Jenis-jenis ambeien yaitu :

  • Internal hemorrhoid       ambeien ini menyebabkan BAB berdarah yang terjadi pada raktus rektum.
  • External hemorrhoid      :  ambeien ini menyebabkan rasa gatal dan nyeri, bisa juga menimbulkan robek serta berdarah.

7. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi tubuh dimana jumlah keping darah merah lebih sedikit dari jumlah normalnya. Ini sangat berbahaya. Dimana darah merah mengandung Hemoglobin ( Hb) yang berfungsi sebagai pengikat oksigen.

Apa jadinya jika tubuh kekurangan Oksigen?

Tubuh yang kekurangan oksigen akan merasa lebih cepat lemah, kinerja otak menurun, cepat mengantuk dan masih banyak lainnya. Intinya, kekurangan darah merah itu tidak baik baik bagi keberlangsungan kesehatan, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Jika sudah telanjur segera mengonsumsi obat-obatan atau bunga asoka sebagai alternatif.

Tonton manfaat bunga asoka dalam versi video :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *