Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Benar

4 min read

Cara Mengecilkan Perut Buncit – Memiliki tubuh yang sehat memang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang. Namun, sebagian masih  ingin tubuhnya tampil ideal. Tampil ideal bukan berarti harus berotot juga, memiliki tubuh yang proporsional dengan tinggi juga termasuk ideal.

Apakah Anda ingin memiliki tubuh ideal? Tentu, tidak ada orang yang tidak ingin tampil ideal. Kita akan lebih percaya diri jika memiliki tubuh ideal. Lain halnya ketika kita memiliki perut buncit, pastinya akan membuat minder dan tidak percaya diri.

Dibalik semua masalah itu, pastinya ada solusi yang bisa dilakukan, salah satunya dengan cara mengecilkan perut yang membuncit. Dengan demikian Anda akan lebih percaya diri saat bertemu kerabat, teman, pacar, atau patner kerja Anda.

Dibawah akan dibahas secara mendetail cara dan langkah-langkah yang bisa dilakukan, bahkan Anda tidak perlu repot-repot pergi ke tempat fitness.

Penyebab Perut Buncit

Sebelum membahas cara yang lebih mendetail, alangkah baiknya kita tahu, apa yang menyebabkan perut kita bisa membuncit. Menurut peneliatian yang dilakukan oleh tenaga media, ternyata perut buncit disebabkan oleh faktor internal atau eksternal

Faktor Internal

Faltor internal adalah faktor yang berasal dari dalam, yaitu orang yang memiliki perut buncit. Biasa disebabkan oleh

Hormon

Hormon merupakan faktor yang  tidak bisa dihindari lagi, karena ini sudah melekat pada diri kita. Baik berasal dari keturunan atau makan yang dikonsumsi.

Usia

Tidak bisa dipungkiri lagi, usia juga dapat berperan dan memicu terjadinya perut buncit. Orang yang sudah berusia dewasa akan lebih mudah mengalami perut buncit ketimbang orang yang masih remaja atau anak-anak.

Faktor Eksternal

Stress

Stress ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah gaya hidup. Nah,  hal hormon yang menyebabkan stress ini sering disebut juga hormon kortisol. Sehingga sering bisa menyebabkan lemak pada tubuh meningkat. Sempatkan untuk membaca kata-kata lucu.

Kurang Tidur

Setelah kita capek beraktivitas di siang hari, tubuh akan terasa letih dan capek. Ini menandakan bahwa tubuh memerlukan yang namanya istirahat. Umumnya orang memerlukan tidur selama 6-8 jam setiap hari. Jika tidak, maka tubuh akan sakit dan bisa menyebabkan stress.

Alkohol

Kandungan glukosa yang berada di dalam alkohol dapat menimbulkan lemak. Oleh karena itu, banyak orang yang mengonsumsi alkohol cenderung memiliki perut yang buncit.

Menopause

Menopause sudah menjadi hal yang wajar bagi kaum wanita. Orang akan mengalami menopase saat sudah menginjak usia 50 tahunan. Nah, efek yang ditimbulkan dari menopause ini akan membaut tubuh menjadi gemuk. Karena lemak tubuh akan disimpan di perut, bukan di bagian paha atau panggul lagi.

Bakteri di Usus

Didalam usus manusia itu terdapat jutaan bakteri, dimana masing-masing bakteri memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Ada yang menguntungkan bagi tubuh, tapi ada juga yang merugikan bagi tubuh manusia. Bakteri firmicutes berperan aktif dalam penyerapan kalori, sehingga orang yang bertubuh gemuk akan memiliki bakteri ini banyak.

Baca Juga :  17 Manfaat Bunga Asoka untuk Kesehatan

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria dan Wanita

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki leak berlebih, tidak usah khawatir! Disini Anda akan menemukan solusi yang sudah terbukti bila dilakukan secara rutin dan teratur. Berikut penjelasan secara rincinya :

Olahraga Teratur

Olahraga merupakan sebuah keharusan bagi setiap orang, dengan berolahraga juga tubuh akan menjadi sehat dan bugar. Sesibuk apa pun, Kita diharuskan untuk berolahraga 30 menit setiap hari. Terserah mau olahraga apa, bisa renang, jogging, lompat tali atau olahraga yang lain. Intinya, kita dianjurkan untuk bergerak agar tubuh tetap sehat.

Makanan

Dengan memperhatikan porsi makan setiap hari seperti daging kelinci, Anda dapat mengurangi resiko lemak yang berlebih. Ini sudah dibuktikan dan diteliti oleh Hairston, bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan serserat sebesar 10% akan lebih sehat. Karena makanan berserat dapat mengurangi lemak visceral.

Tidur Cukup

Apakah Anda suka begadang? Sebenarnya ini tidak salah, bila Anda tahu dengan komposisi dan masih bisa melakukan tidur secara cukup. Oleh karena itu, tidurlah dengan cukup agar tubuh tetap sehat seperti minum glumory sambilmemakai masker spirulina di pen jual masker spirulina .

Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

cara membuat anak kembar
pixabay

Bagimana rasanya setalah melahirkan buah hati yang pertama? Senang bukan? Tentu saja, rumah akan menjadi ramai dan lebih menarik. Perhatian kita juga akan lebih tertuju ke sang buah hati yang masih imut-imut.

Akibatnya, kita bisa dan kadang lalai dengan kesehatan dan kondisi fisik kita. Mungkin, saking senangnya kita akan lupa mengatur pola makan yang sehat, gara-gara ini juga bisa menimbulakan banyak penyakit.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami perut yang agak buncit. Namun, jangan khawatir dan panik, karena semua itu bisa diatasi dengan cara berikut :

Menyusui Buah Hati

Menyusui adalah hal yang wajib dan harus dilakukan oleh seorang ibu, agar buah hati tumbuh dengan sehat tanpa halangan apa pun. Secara tidak langsung, saat menyususi seorang ibu akan mengeluarkan kalori sebesar 5000, dengan metode ini akan berdampak positif bagi si ibu dan sang buah hati.

Memilih Makanan yang Rendah Kalori dan Lemak

Mengonsumsi makanan yang rendah kalori akan membuat perut tidak membunci secara berlebih. Akan tetapi, perlu digaris bawahi jika buah hati juga memerlukan asupan gizi yang cukup. Dengan ini hendaknya meminta saran kepada kerabat atau orang yang sudah pernah melahirkan.

Meminum Air Putih

Mengapa harus air putih? Kenapa tidak yang lain saja? Karena air putih dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan mejadi lebih sehat dan terhindar dari lemak yang berlebih.

Olahraga Ringan

Bukan sebuah alasan untuk tidak melakukan olahraga, bahkan setelah Anda melahirkan. Memang bukan olahraga yang berat, cukup  dengan olahraga ringan seperti mendorong kereta bayi, agar otot kembali kencang dan tidak terjadi kebuncitan bahkan bisa menambah tinggi badan.

Memakai Korset

Dengan memakai korset secara rutin, akan membuat perut menjadi kencang dan idak terjadi pembengkakan dan mengembalikan jaringan perut seperti semula. Alhasil, Anda akan tetap seksi dan menawan pasca melahirkan.

Senam Kegel

Senam kegel bisa dilakukan dimana saja, bahkan ketika Anda sedang berada dirumah. Meski sederhana dan mudah dilakukan, senam kegel mampu membuat otot-otot dan jaringan perut menajdi seperti semula.

Mengonsumsi Sayur dan Sup

Sayuran seperti brokoli, kubis, kale, dan bunga kol mampu mengurangi lemak dalam perut. Kandungan fitonutrien inilah yang berperan aktif dalam proses, maka Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin. Efek yang dihasilkan bisa meninggikan badan Anda.

Masalah yang Diakibatkan oleh Perut buncit

Kolestrol Tinggi

Kadar kolestrol yang tinggi dapat meningkatkan potensi perut menjadi buncit. Terlebih letak perut berdekatan dengan pembuluh darah yang menghubungkan ke hati. Sehingga lemak jahat atau sering disebut LDL akan mudah beraksi.

Diabetes

Kadar gula darah yang meningkat akan menimbulkan hormon insulin berinterasi dan bekerja lebih.Oleh karena itu, akan terjadi resistensi insulin dan bisa membuat penyakit diabetes mellitus 2.

Penyakit Jantung dan Stroke
Senyawa sitokinin yang ditimbulkan oleh lemak perut menjadi berbahaya ketika tubuh mengalami peradangan. Nah, organ hati akan memproduksi berbagai toksin-toksin dan kolestrol yang dapat menimbulkan sakit jantung dan stroke.

Demensia

Demensia atau sering disebut pikun adalah penyekit yang bisa menjangkit oleh orang yang berlemak lebih. Sebuah penetilian di Department of Cardiology Oita Red Cross Hospital di Jepang menyatakan bahwa jika ada perubahan yang tidak normal pada volume hippocampus dan resistensi insulin pada mereka yang memiliki kadar lemak perut tinggi dan menderita diabetes.

Tekanan Darah Tinggi
Darah tinggi merupakan penyakit yang umum diderita oleh orang dewasa. Orang yang mengalami darah tinggi akan cenderung mudah marah dan tersinggung. Solusinya dengan mengonsumsi buah-buahan seperti timun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *