Bagian-Bagian Mata

3 min read

bagian bagian mata

Bagian-Bagian Mata

Bagian-Bagian Mata – Mata adalah salah satu pancaindera yang berfungsi sangat penting. Fungsi dari mata sendiri adalah melihat benda-benda disekitar kita. Dengan begitu kita bisa mengenali benda dan kegunaannya.

Mata merupakan salah satu bagian pancaindera yang sangat rawan bila terkena benda tajam. Oleh karena itu, mata terletak pada lekukan tulang pipi dan tulang dahi. Bagian mata sendiri masih terbagi berdasarkan fungsi mata dan cirinya sendiri, seperti halnya bola mata yang berwarna hitam, dan fungsi kornea untuk mengatur cahaya yang masuk ke mata.

Tidak hanya itu, mata masih dilindungi oleh bagian lainnya lho! Buktinya sendiri mata masih memiliki bulu mata pada bagian atas dan bawahnya. Namun, tahukah Anda fungsi dari bulu mata itu sendiri? Bulu mata berfungsi agar air yang jatuh dari dahi atau atasnya tidak langsung mengarah ke mata.

Bagaimana jika hal itu terjadi? Ya, tidak salah tidak bukan mata akan mudah mengalami kerusakan dan gampang terkena gangguan. Oleh sebab itu, marilah kita bersyukur karena telah diciptakan dalam bentuk yang  sebaik-baiknya.

Sampai disini, masih ada yang belum paham dengan mata? Jika jawabannya adalah “iya”, mari kira simak penjelasan secara mendalam tentang mata, bagian-bagian mata, dan fungsi mata itu sendiri.

Bagian-Bagian Mata

Pada dasarnya mata itu sendiri masih dibagi lagi. Ya, tidak salah lagi, bagian dari mata ada bagian luar dan bagian dalam mata. Dimana setiap bagian memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Berikut penjelasan secara mendalamnya:

Bagian Dalam Mata

Bagian dalam mata adalah bagian mata yang berada pada bagian dalam, bagian mata ini terdiri dari :

  • Otot Mata
  • Koroid
  • Retina
  • Saraf Optic
  • Pupil
  • Iris
  • Lensa
  • Vitreous Humor
  • Aqueos Humor
  • Bintik Buta
  • Bintik Kuning

Nah itu adalah bagian-bagian mata dalam. Lantas setalah mengetahui bagiannya, kurang pas dong kalau tidak tahu fungsinya. Sehingga pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari bagian mata dan fungsinya :testimoni vitamata

 

  • Bintik Buta berfungsi untuk tempat masuk dan membelokkannya berkas saraf
  • Bintik Kuning berfungsi untuk reseptor pada mata bagian dalam. Oleh karena itu bintik kuning memilki sifat sangat peka dengan cahaya.
  • Pupil berfungsi untuk mengatur banyak dan sedikitnya cahaya yang masuk ke dalam mata. Hampir sama dengan bintik kuning, namunn masih beda ya!
  • Lensa berfungsi untuk mengatur akomodai pada mata bagian dalam. Dimana pada mata yang normal bayangan akan jatuh tepat pada retina.
  • Iris berfungsi untuk memberi warna pada mata. Hal ini bisa Anda perhatikan pada orang-orang bule yang memiliki mata biru,sedangkan orang loka memiliki warna mata coklat. Selain itu, iris juga berguna untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.
  • Sklera berfungsi sebagai pelindung mata bagian dalam. Bagian inilah yang sangat berperan dalam menjaga mata dari gangguan dari luar.
  • Kornea berfungsi untuk meneruskan cahaya yang diterima oleh mata bagian luar.
  • Koroid berfungsi sebagai penyuplai energi untuk mata ke bagian retina dan mencegah pantulan cahaya.

Bagian Luar Mata

Seperti yang telah kita ketahui,  juga memiliki bagian juga lho! Yang mata bagian luar mata akan lebih sering berkontak langsung dengan benda maupun hal-hal yang berasal dari luar mata. Disini ada 4 bagian luar mata,yaitu :

  • Kelenjar Air mata berfungsi untuk menjaga kelembapan mata
  • Bulu Mata berfungsi utnuk melindungi bagian luar mata, seperti halnya melindungi mata dari debu dan kotoran di udara.
  • Alis Mata berguna sebagi penahan zat-zat cair seperti keringat yang mengalir, tujuannya agar keringat tidak masuk ke dalam mata.
  • Kelopak mata sendiri berfungsi untuk melindungai mata dengan menutup dan membukanya mata.

Kelainan pada Mata

penyebab-utama-terjadinya-katarak
penyebab-utama-terjadinya-katarak

Dizaman yang semakin modern ini banyak sekali kelainan yang terjadi pada mata. Hal ini bisa disebabkan oleh genetik, kebiasaan, dan gaya hidup masing-masing individu. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang sudah banyak suplemen yang dapat menyembuhkan kelainan tersebut.

 

Baca Juga : Manfaat Vitamin bagi Kesehatan Badan

Rabun Dekat

Rabun dekat juga sering disebut dengan hipermiopi. Kelainan ini terjadi karena cahaya yang seharusnya dibiasakan dan jatuh di retina,jatuh dibelakang retina. Sehingga akibat yang ditimbulkan adalah objek jauh terlihat jelas, tapi objek dekat tampak tidak fokus dan buram. Mata terasa panas dan gatal dan lainnya.

Rabun Jauh

Dari namanya sudah ketabak bukan? ya, rabun jauh atau yang sering disebut miopi adalah kebalikan dari hipermiopi. Jika pada rabun dekat bayangan jatuh dibelakang retina, kini pada rabun jauh bayangan jatuh di depan retina. Cara paling mudah mengatasi hal ini dengan memakai kacamata atau minum suplemen mata minus.

Rabun Senja

Rabun senja (nyctalopia) adalah penyakit mata yang terjadi gangguan pada saat kekurangan cahaya. Orang yang mengalami kalainan ini akan tidak jelas saat melihat dan tidak fokus pada moment tertentu. Rabun senja sendiri biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin A, luka pada mata, atau genetik sejak lahir.

testimoni vitamata

Mata Tua

Presbiopi adalah nama lain dari kelainan mata tua. Biasanya penyakit ini disebabkan karena mata yang sudah tua dan tidak terjaga. Orang yang menderita penyakit ini akan kesulitan ketika melihat benda dekat ataupun benda jauh. Penyebabnya sendiri adalah kemampuan akomodasi mata yang menurun. Akamodasi mata sendiri adalah kemampuan mata untuk mencembung dan memipih.

Buta Warna

Pernahkan Anda menanyakan warna kepada seseorang, lalu dia malah menjawab berbeda dengan warna aslinya. Ini bukanlah hal biasa. Karena bisa dipastikan orang tersebut menderita buta warna. Penyeban yang umum dan sering terjadi adalah faktor genetik dari keturunan. Akibatnya, orang yang menderita buta warna akan mengalami kesulitan saat melihat warna merah, hijau, biru, atau campuran warna-warna ini.

Mata Silinder

Mata silinder adalah salah satu jenis kelainan mata yang terjadi karena bentuk kornea tidak melengkung secara sempurna. Sehingga orang yang mengalami ini akan kesulitan dalam melihat, karena cahaya yang masuk tidak bisa dikontrol secara penuh dan cahaya tersebar.

Mata Katarak

Jika ada orang yang lensa matanya keruh dan buram, bisa diduga bahwa orang tersebut mengalami penyakit katarak. Sendangkan katarak sendiri disebabkan karena penuaan yang terjadi pada mata. Oleh karena itu, kita hendak menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan, buah-buahan, dan suplemen.

Baca Juga : 7 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Mata

Nah, pembahasan diatas merupakan pembagian mata dan berdasarkan letak dan fungsinya. Sekarang, diharapkan Anda lebih mengetahui tentang pentingnya menjaga mata agar tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Semoga pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *